Wisata Bali - Patung Garuda Wisnu Kencana
Wisata Bali - Patung Garuda Wisnu Kencana

Fakta Menarik Dari Wisata Bali Ini, Patung Garuda Wisnu Kencana

Posted on

Setelah diresmikan pada bulan Agustus lalu, patung Garuda Wisnu Kencana ini menjadi destinasi wisata Bali yang wajib dikunjungi. Patung ini memiliki cerita yang menarik. Fakta menariknya adalah rencana pembangunan untuk menciptakan ikon pariwisata Bali pada tahun 1989. Kemudian di tahun 1993 barulah disetujui oleh Presiden Soeharto dan baru di tahun 1994 mulai tahapan pengolahan langskap yang akan dijadikan lokasi GWK didirikan.

Wisata Bali - Patung Garuda Wisnu Kencana
Wisata Bali – Patung Garuda Wisnu Kencana via instagram.com/hendrasonie

Fakta menarik lainnya adalah patung GWK ini dibangun di kawasan bukit kapur yang berada di Ungasan, Jimbaran, Bali. Tempat itu dulunya adalah bekas pembangunan kapur liar yang keadaan tanahnya sudah tak bagus. Bahkan tak ada tanaman yang bisa tumbuh di kawasan ini karena kandungan top soil yang sangat minim.

Wisata Bali - GWK Bali
Wisata Bali – GWK Bali via instagram.com/gwkbali

Dan yang menarik adalah patung GWK ini masuk dalam jajaran patung tertinggi di dunia. Patung GWK memiliki tinggi 120 meter yang berhasil mengalahkan tinggi patung Liberty yang hanya setinggi 93 meter. Keunikan lainnya adalah sosok mitologi yang disucikan oleh umat Hindu. Gambaran patung perumpamaan dari Dewa Wisnu yang berada di atas sosok manusia setengah burung inilah yang membuat patung ini tambah besar dan gagah.

Selain itu, ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di GWK ini. Yang pertama, kamu bisa melihat sebuah pertunjukan tarian kecak, tari barong, tari keris, rangda dan pertunjukan tradisonal lainnya. Kamu bisa menontonnya di Street Theater dengan tiket masuk sebesar 50 ribu per orang. Selain itu kamu juga bisa berkeliling GWK dengan segway.

Wisata Bali - Patung Garuda Wisnu Kencana
Wisata Bali – Patung Garuda Wisnu Kencana via instagram.com/gedeputrapictures

Segway merupakan salah satu fasilitas yang bisa kamu jajal untuk menelusuri taman budaya ini. Untuk bisa mencobanya, kamu perlu menyiapkan uang sebesar 60 ribu untuk sewa kendaraan listrik ini. Asik lagi jika kamu datang di akhir pekan, kamu bisa ikut olahraga yoga yang diadakan setiap hari Minggu dari jam 6 pagi hingga selesai. Bagaimana tertarik untuk mengunjungi patung raksasa yang ada di Bali ini? Tempat wisata ini wajib banget kamu kunjungi saat berlibur ke Pulau Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *